Bahas “Classroom Management”, Dosen PBI UINAM Beri Pelatihan Guru SMPIT Makassar Islamic School

  • 07 Januari 2023
  • 12:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

Salah seorang dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar, Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum. memberikan pelatihan “Classroom Management” kepada guru-guru SMPIT Makassar Islamic School yang dilaksanakan di Aula sekolah tersebut pada hari Sabtu, 7 Januari 2023.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Nur Aliyah Nur, S.Pd., M.Pd., yang juga merupakan dosen UIN Alauddin Makassar dan beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Alauddin Angkatan 2021, yaitu Andi Dwi Putra Ramadhan, Muhammad Wahyu Ramadhan, Nurul Ain.

Pelatihan ini sebagai bentuk persiapan guru-guru Makassar Islamic School sebelum memasuki pembelajaran Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.


Selain itu, pelatihan “Classroom Management” ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Dalam materinya, dosen yang akrab disapa kak Ucha menyampaikan langkah-langkah untuk menciptakan kelas yang menyenangkan, mulai dari starting class, check-in, check-out, signal, appreciation, grab attention, grouping, ice breaking, hingga closing dengan lagu dan gerakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kak Ucha juga menjelaskan tentang peran guru di dalam kelas, salah satunya sebagai fasilitator yang membantu peserta didik  mendapatkan pemahaman sendiri tentang materi, memberikan peran aktif bagi peserta didik di dalam kelas, dan memotivasi peserta didik.



Menurut Andi Zahra, S.Pd., guru kelas Makassar Islamic School Toddopuli, pelatihan “Classroom Management” ini sangat berkesan bagi guru-guru Makassar Islamic School.

“Pelatihan Manajemen Kelas hari ini sangat seru. Kami diberikan penjelasan tentang cara-cara menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan nyanyian yang tentunya disenangi siswa. Contohnya, cara membagi kelompok dengan nyanyian dan gerakan. Kami, guru-guru, juga belajar bagaimana menyampaikan materi dengan cara yang kreatif”, ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa pelatihan “Classroom Management” ini sangat diperlukan bagi guru karena salah satu kunci keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan baik.

“Menurut saya pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh guru-guru karena dapat meningkatkan kreatifitas, terutama dalam hal menciptakan suasana kelas yang baik sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung optimal. Kemampuan mengelola kelas atau menajemen kelas adalah kunci keberhasilan proses belajar mengajar”, lanjutnya.

Pelatihan Classroom Management ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru-guru Makassar Islamic School dalam mengelola kelas untuk pembelajaran yang lebih efektif. Selain Classroom Management, manajemen Makassar Islamic School juga rutin melaksanakan pelatihan lainnya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam berbagai bidang.

 

Penulis: NA

Editor: Multazam Abubakar