Pembukaan Program Praktikum Pengembangan Kompetensi Mahasiswa PBI UINAM

  • 09 Januari 2023
  • 10:25 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UIN Alauddin Makassar kembali menyelenggarakan kegiatan pengembangan kompetensi bagi mahasiswanya.

Kali ini yang menjadi peserta adalah mahasiswa PBI Angkatan 2022.

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kompetensi ini dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Pro. Dra. Hj. St Azisah, M.Ed.St., Ph.D. pada hari Senin (9/01/2023) di ruangan T3-08.

Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa praktikum ini bersifat wajib dan diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa PBI semakin dapat mempersiapkan dirinya secara matang untuk menghadapi perkuliahan di semester selanjutnya.

Ibu St Azisah, sapaan akrabnya, memberi  mahasiswa  semangat juga motivasi dengan menanamkan prinsip let me try, yaitu jangan pernah malu dan ragu untuk mencoba. Belajar bahasa itu memerlukan  praktek dan pembiasaa.

Ia juga berpesan jangan lupa berdoa serta memohon restu kedua orang tua.

Selain itu, Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd. yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pelatihan ini secara khusus ditujukan agar mahasiswa PBI Angkatan 2022 ini dapat menyelesaikan perkuliahan tempat waktu.

Ibu Pahmi, sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa karena semester ganjil telah berakhir dan mahasiswa berkeinginan pulang kampung dalam jangka waktu yang relatif lama, dikhawatirkan kemampuan bahasa Inggrisnya akan semakin menurun. Dengan demikian program yang terlebih dahulu kita mulai ialah Pengembangan Kompetensi Grammar.

Tak lupa, beliau juga memotivasi para mahasiswa yang hadir untuk memnfaatkan watu sebaik mungkin.

“Kalian semua ini akan menjadi pempin di masa depan Maka Investasikanlah waktumu untuk masa depan”, ujar beliau.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak tiga kelas ini berlangsung secara khidmad dan penuh  dengan antusias peserta.

Sebanyak empat praktikum yang harus dilalui oleh mahasiswa yakni:

Grammar

- Speaking

- Writing

- Persiapan TOEFL

Terdapat pembagian kelompok berdasarkan hasil Placement test yang telah diujikan kepada  mahasiswa  dalam bentuk Quiz dan sebagai hasil dibentuk sembilan kelompok.

 

Berikut nama  dosen yang akan membina  di setiap group :

- Indah Fadhilah Rahman, SPd.I., M.Hum.

- Multazam Abubakar, S.S., M.Hum.

- Annisa Shofa Tsuraya, S.Pd., M.Pd.

- Andi Asmawati, S.Pd., M.Pd.

- Muhammad Syarifuddin Nawir, S.Pd., M.Hum.

- Masykur Rauf, S.Hum., M.Pd.

- Muthiah, S.Pd.I., M.Pd.

- Nur Aliyah Nur, S.Pd.I, M.Pd.

- Dr. Sitti Nurpahmi, S.Pd., M.Pd.

 

‘’Sebenarnya saya mau pulang kampung tapi ada perasaan rugi dalam benak saya kalau tidak sempat menghadiri praktikum ini‘’, Ucap Siti Aini Nanda Alifkha sebagai salah satu peserta pembukaan pengembangan praktikum kompetensi Mahasiswa PBI.

 

Penulis Hikma Patika Sari