Implementasi Kerja Sama, Prodi PBI UINAM dan LOKA Research Institute Adakan Seminar Nasional dan Workshop Penelitian

  • 15 Januari 2023
  • 08:34 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sebagai implementasi dari penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2023, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar kolaborasi dengan LOKA Research Institute mengadakan “National Seminar and Workshop in Academic Research” yang akan dilaksanakan secara hybrid (offline dan online).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Januari 2023 pukul 08.00 – 15.30 WITA bertempat di ruang Lecture Theater (LT) Barat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan  (FTK) UIN Alauddin Makassar  Kampus 2 Samata.



Workshop tersebut diikuti oleh 94 orang peserta, yang berbagai universitas di Makassar, bahkan dihadiri juga oleh seorang mahasiswa S2 yang sedang menempuh pendidikan di Australia.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Prof. Dra. Hj. St. Azisah, M.Ed.St., Ph.D.

Pada kegiatan tersebut, peserta dibimbing untuk memilih judul dan menyusun proposal penelitian, mulai dari menulis latar belakang hingga menentukan metode penelitian yang tepat.



Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber, yakni:

Ari Arifin Danuwijaya, M.Ed., GCert.Ed., dosen Universitas Pendidikan Indonesia, yang membahas topik “Membidik Originalitas dan Novelty dalam Penelitian”;

Muhalim, Ph.D., dosen Universitas Negeri Makassar, yang berbicara tentang “Cara Pemilihan metodologi Penelitian yang Tepat untuk Menulis Proposal Penelitian yang Lebih Baik.

Tri Mandala Putra, S.Pd., M.Pd. selaku direktur LOKA Research Institute mengungkapkan bahwa pelaksanaan Seminar dan Workshop dalam Riset Akademik selaras dengan Visi dan Misi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, yakni membantu mahasiswa dalam penyelesaian studi.

“Harapan saya, semoga ke depan kerja sama dengan Prodi PBI makin solid dalam meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, saya selaku Direktur LOKA Research Institute, berharap ke depannya bisa bekerja sama bukan hanya di lingkup prodi, tapi di lingkup Universitas, khususnya UIN Alauddin Makassar, sebagai bentuk pengabdian saya sebagai alumni sarjana.” Ujarnya.

 

Penulis: Multazam Abubakar