Pimpin Prodi PBI UINAM 2015-2019, Ini Profil Alm. Dr. Kamsinah, M.Pd.I

  • 31 Januari 2023
  • 09:39 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kabar duka menyelimuti sivitas akademika Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar.

Ketua Jurusan Periode 2015-2019 wafat pada hari Senin, 30 Januari 2023 pukul 13.45 WITA di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar.

Dr. Kamsinah, M.Pd.I. lahir di Ujung Pandang, yang kini berubah nama menjadi Makassar, pada tanggal 28 Maret 1968.

NIP beliau 196803281996032002, Pangkat IVA dengan Jabatan fungsional terakhir Lektor Kepala.

Bunda Ina, sapaan akrabnya, aktif menjadi anggota pramuka sejak masa sekolah.

Pada tahun 1988-1989, beliau terpilih menjadi Sekretaris Dewan Racana Putri Maipa Deapati IAIN Alauddin Makassar.

Setahun setelahnya, beliau diamanahkan untuk menjadi Ketua Dewan Racana Putri Maipa Deapati IAIN Alauddin Makassar.

Beliau juga terpilih menjadi Bupati Perkemahan Pertama yang diadakan oleh IAIN Alauddin Makassar yang saat itu diadakan di Bulukumba.

Di tingkat nasional, beliau bahkan masuk sebagai pelatih dan pengurus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas).

Saat ini beliau aktif sebagai Pembina dan  Ketua Gudep Putri Racana Maipa Deapati, pengurus pramuka Kwartir Daerah Sulawesi Selatan dan memegang jabatan Wakil Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Sulawesi Selatan.

Pada masa kuliah, beliau juga menjadi Senat Mahasiswa dan Mayoret drum band.

Di UIN Alauddin, selain sebagai dosen, beliau juga menjadi tim protokoler yang bertugas mengatur acara tingkat universitas.

Beliau menjadi reviewer serta editor beberapa jurnal dalam lingkup UIN Alauddin, seperti Lentera Pendidikan, ETERNAL dan ELTIES.

Beliau menempuh pendidikan sekolah menengah di SMA Negeri 2 Makassar.

Beiau kemudian menyelesaikan studi S1 di Tadris Bahasa Inggris IAIN Alauddin Makassar dan melanjutkan pendidikan S2 dan S3 pada almamater yang sama.

Semasa hidup, beliau memperoleh sejumlah tanda jasa, di antaranya Satya Lencana 10 tahun dan 20 tahun.

Beliau menjadi Sekretaris Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar periode 2008-2012 ketika Prodi ini dipimpin oleh Dra. Djuwairiah Ahmad, M.Pd., M.TESOL.

Selanjutnya, beliau menahkodai jurusan ini pada periode 2015-2019 didampingi oleh Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd.

Pada masa ini, konferensi internasional PBI yang dikenal dengan nama ICONELE digelar untuk pertama kali serta dirilis pula ELTIES, salah satu jurnal PBI yang saat ini terindex SINTA 5.

Terakhir, beliau menjabat sebagai Ketua Gugus Penjamin Mutu (GPM) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris hingga saat ini.

Beliau meninggalkan seorang suami yang juga alumni Tadris Bahasa Inggris serta bertugas di Rektorat UIN Alauddin Makassar, Drs. Anshar Buraeda, 2 putra yang bernama  Alif Akbar Askamullah dan Babur Rahmat Askamullah, seorang putri yang bernama Tazkiyah Tri Ayu Askamullah dan seorang menantu.

Atas segala dedikasi beliau, Keluarga Besar Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya sekaligus merasa sangat kehilangan sosok yang terkenal peramah dan murah senyum.

Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

Penulis: Multazam Abubakar