Manfaat berorganisasi

  • 14 Juni 2023
  • 01:48 WITA
  • Administrator
  • Berita

kamu harus tahu nih ternyata dalam menjadi mahasiswa kita tidak hanya bertanggung jawab atas diri kita sendiri akan tetapi juga kepada masyarakat. Yup, dalam masyarakat, mahasiswa memiliki beberapa peran tertentu. Di antaranya sebagai agen perubahan, penerus bangsa, penjaga moral, serta pengontrol sosial.


Bergabung dalam organisasi mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan, kemampuan bersosial dan mempelajari keahlian khusus sesuai dengan tujuan organisasi.


Hal tersebut berkaitan dengan pentingnya berorganisasi bagi mahasiswa, sebab ilmu tidak sepenuhnya kita dapatkan di kelas atau di bangku sekolah atau bangku kuliah organisasi dapat membantu mahasiswa untuk mencapai peran yang diharapkan oleh masyarakat. Lantas, apa saja sih manfaat organisasi bagi mahasiswa? 


Sini biar aku beritahuyah...


Setiap organisasi pasti memiliki visi dan misinya masing-masing. Visi dan misi tersebut berguna untuk menjaga agar organisasi tetap selaras dalam mencapai suatu tujuan bersama. Dengan kata lain, setiap organisasi bertanggung jawab terhadap tujuan yang ingin mereka capai. Nah, dari sini saja sudah terlihat ya manfaat dari organisasi bagi mahasiswa, yaitu melatih diri untuk bertanggung jawab. Dan masih banyak manfaat lainnya, seperti berikut ini:


1. Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan.

2. Meningkatkan Kemampuan Sosial.

3. Memperluas Relasi

4. Ajang Melatih Diri dalam Dunia Kerja.

5. Belajar Manajemen Waktu.


Jadi tunggu apa lagi ayo berorganisasi.organisasi tidak akan merusak nilai kalian akan tetapi memberi nilai plus pada diri kalian


Penulis: Qurrata A'yunin Hamka (PBI-C 2020)