Mengatasi Stress Dan Meningkatkan Motivasi Melalui Seni

  • 16 Juni 2023
  • 01:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Siapa sih yang tidak pernah merasakan stress? Kita semua pasti pernah merasakan stress dalam hidup kita. Stress yang dialami seseorang bisa saja disebabkan oleh berbagai hal, seperti tugas kuliah yang menumpuk, masalah keluarga, masalah percintaan, atau bahkan yang sering alami berbagai kalangan usia, yaitu masalah keuangan.

Stress dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik, membuat kita merasa lelah, putus asa, dan kehilangan semangat, bahkan sering ditemui orang yang berujung depresi karena stress yang berkepanjangan.

Meskipun begitu, tahukah kalian bahwa SENI dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi stress dan dapat meningkatkan motivasi ?

Perlu diketahui bahwa seni tidak hanya sebatas tentang lukisan, gambar atau patung. Seni bisa berupa berbagai bentuk ekspresi, seperti music, tari, teater, dan lainnya. Seni memberikan kita kesempatan untuk menikmati keindahan dan keunikan dunia di sekitar kita, dimana hal ini bisa membantu kita untuk melepaskan stress dan meningkatkan motivasi.

Mengapa seni bisa membantu kita mengatasi stress ? karena, ketika kita focus pada seni, kita dapat melupakan masalah yang sedang kita alami, sehingga kita merasa lebih rileks dan tenang. Selain itu, seni juga dapat membantu kita untuk mengekspresikan perasaan kita dengan cara yang kreatif dan positif. Misalnya, jika kita merasa sedih atau marah, kita dapat menyalurkan emosi tersebut melalui seni, seperti menuangkannya dalam puisi, melukis atau mendengarkan musik.

 

Lalu, bagaimana cara kita dapat mengatasi stress dan meningkatkan motivasi melalui seni?

Pertama, cobalah untuk menemukan kegiatan seni yang mana yang kalian sukai, seperti melukis, menulis, menari.

Kedua, pilih waktu yang tepat unruk melakukan kegiatan seni, seperti di waktu senggang atau setelah selesai melakukan aktifitas kuliah.

Ketiga, jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru dan berinovasi dengan karya yang berbeda.

Keempat, ciptakan lingkungan yang kondusif untuk memulai kegiatan seni, contohnya seperti mencari tempat yang tenang dan sejuk, atau suasana dimana kalian bisa merasakan ketengan.

Terakhir, sangat penting mengetahui bahwa seni bukanlah tentang apa yang dihasilkan diakhir tapi, tentang bagaimana proses dan pengalaman yang telah didapatkan.

Sebagai contoh, penulis memiliki hobi seni yaitu menggambar untuk menuangkan ide pikiran dan hiburan untuk diri sendiri. Sedangkan orang lain ada yang sangat suka mendengarkan musik untuk melepaskan stress yang dia anggap bisa meningkatkan daya belajarnya ketika mendengarkan musik.

Dalam kesimpulannya, seni dapat menjadi cara yang sangat efektif unrtuk mengatasi stress dan meningkatkan motivasi. Kegiatan  memberikan kita rruang untuk melupkan masalah, meningkatkan rasa optimism dan semangat yang baru.

 

Penulis: Risma Yani (PBI-C 2020)