PBI Menyusun Borang untuk Akreditasi Jurusan

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

PBI - Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)  Fakultas Tarbiah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makssar menyusun borang Akreditasi Jurusan pada tahun 2010.

Borang Akreditasi Program Studi merupakan alat atau instrumen untuk mengumpulkan informasi mengenai kinerja PS pada perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi kedinasan, perguruan tinggi keagamaan, dan perguruan tinggi swasta dalam rangka pengendalian kualitas semua perguruan tinggi di Indonesia.

Borang tersebut terdiri atas seperangkat pertanyaan yang sebagian berupa pertanyaan tertutup, dan sebagian lagi berupa pertanyaan terbuka. Sesuai dengan petunjuk pada setiap butir pertanyaan, maka sebagian dari pertanyaan pertanyaan dapat dijawab dengan menuliskan jawabannya pada tempat yang disediakan dalam borang akreditasi, sebagian lagi memerlukan lembaran tersendiri.

Borang akreditasi ini terdiri dari dua bagian yaitu borang program studi yang diisi oleh PS yang diakreditasi dan borang portofolio yang diisi oleh fakultas atau sekolah tinggi yang mengelola PS tersebut.

Untuk proses akreditasi PS-PS yang berada dalam satu fakultas/sekolah tinggi, hanya perlu dibuat satu versi isian borang portofolio. Isian borang portofolio agar disatukan dengan borang program studi yang diakreditasi.

Dalam pertanyaan tertentu diminta lampiran untuk melengkapi informasi yang berkaitan dengan jawaban terhadap pertanyaan yang bersangkutan. Lampiran diberikan dalam bentuk buku yang terpisah dari borang akreditasi.

Setiap lampiran didahului oleh lembar halaman dengan warna berbeda yang berisi nomor lampiran dan judulnya. Lampiran-lampiran tersebut merupakan komponen yang dijadikan bahan kelengkapan bagi program studi dan sebagai bukti.

Evaluasi Diri Program dalam borang tersebut menjelaskan visi misi, tujuan dan sasaran, serta strategis pencapaian prodi PBI FTK. Prodi ini memiliki orientasi ke depan dengan jelas, istiqamadan perkembangan standar keunggulan yang dicita-citakan.

Menjelaskan tata pamong, kepemimpinan, sistaem pengelolaan dan penjaminan mutu. Dengan demikian dokumen ini menjelaskan tentang organisasi kepemimpinan di tingkat fakultas dan program studi, sitem pengambilan keputusan akademik dan personal, system moniorik akademik dan unit kendalu mutu, dokumen system dari universitas. (*)