PBI 3,4 Angkatan 2018 Gelar Webinar Hadirkan Pembicara dari India

  • 29 Juni 2021
  • 09:52 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Kelas 3,4 angkatan 2018 sukses menggelar webinar bertajuk “Cultural Understanding of Bollywood Country, India” dengan pembicara Rakibul Islam yang merupakan warga negara India pada hari Selasa, 29 Juni 2021 secara daring.

Kegiatan webinar ini merupakan proyek tugas akhir pada mata kuliah Tour Guide and MICE (Meeting, Incentives, Conference, and Event) yang diampu oleh salah seorang dosen PBI, Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum.. Menurut Kak Ucha, sapaan akrabnya, pemberian tugas seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mereka bisa langsung mempraktekkan ilmu yang didapatkan pada mata kuliah tersebut.

“Kegiatan ini sangat applicable. Mahasiswa bisa langsung mensimulasikan secara real materi dari mata kuliah yg diajarkan, khususnya MICE (Meeting, Incentives, Conference, and Event). Dengan cara ini, mereka juga diberi kesempatan sepenuhnya dalam berkarya melalui metode pembelajaran Project Based Learning (PBL)”, ujarnya.

Mahasiswa PBI 3,4 angkatan 2018 mengaku sangat senang dengan pemberian tugas semacam ini karena dianggap menantang sekaligus keren. Dengan waktu yang diberikan hanya dua pekan, mereka merancang semua keperluan webinar dan merealisasikan rencana yang telah disusun. Untuk itu, ide dan kerjasama yang baik sangat diperlukan. Bagian terberat dalam persiapan acara ini adalah menghadirkan pembicara dari luar negeri. Hal Itu menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi mereka untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang dimiliki.

“Menurut kami, tugas ini juga sangat practical, dimana kami bisa planning dengan menggunakan pengetahuan yang kami punya sempai akhirnya ke real implementation. Itu jadi pengalaman berharga bagi kami dalam proses mengembangkan diri. Kami bisa mengimplemtasikan berbagai hal yang kami punya secara holistic, seperti kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, kemampuan berorganisasi, dan secara personal ini juga jadi ajang bagi kami untuk mengekspresikan diri” Tutur Dewi Rahayu, salah seorang mahasiswi PBI 3,4 angkatan 2018.

Terakhir, mahasiswi yang bertindak sebagai moderator pada webinar tersebut menyampaikan apresiasi dan harapan untuk kegiatan semacam ini ke depannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada dosen  kak Ucha karena sudah memfasilitasi kami, dan juga jurusan PBI yang sudah mendukung kami. Semoga kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut ke depannya dan lebih meningkat kualitasnya, seperti contoh mengundang partisipan dari seluruh Indonesia.”

Lebih dari 50 peserta yang merupakan mahasiswa PBI turut berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan ini. Peserta mengaku sangat senang bisa mendengarkan materi narasumber yang berasal dari negara lain. Selain mendapatkan ilmu mengenai kebudayaan India, mereka juga dapat mempraktekkan keterampilan berbahasa Inggris yang dimiliki, yakni listening dan speaking.

 

Penulis: Multazam Abubakar