PBI 1,2 Angkatan 2018 Adakan Webinar

  • 06 Juli 2021
  • 10:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Setelah sepekan sebelumnya PBI 3,4 Angkatan 2018 menggelar webinar, kali ini giliran PBI 1,2 mengadakan kegiatan yang sama. Webinar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Juli 2021 secara daring.

Pada webinar yang bertajuk “Perth and Its Persona:  A Sharing Session with an Indonesian Student Studying in Western Australia” ini, PBI 1,2 mengundang dr. Azhar Arafah, S.Ked., M.Biomed. sebagai pembicara. Dalam pemaparan materi, dibahas tata cara pendaftaran beasiswa dan kehidupan di Perth.

Pelaksanaan kegiatan webinar ini merupakan tugas akhir pada mata kuliah Tour Guide and MICE (Meeting, Incentives, Conference, and Event) yang diampu oleh salah seorang dosen PBI, Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum..

Mahasiswa PBI 1,2 angkatan 2018 menyambut baik pemberian tugas tersebut. Azizah, salah seorang mahasiswa dari kelas tersebut, mengaku tugas ini memberi banyak manfaat dalam pengembangan diri mereka.

“Webinar yang kami laksanakan ini merupakan bagian dari MICE yang dapat membangun dan mempunyai relasi dengan banyak orang. Tanpa disadari, tugas ini membantu kami untuk melatih teknik time management (dalam menyiapkan keberlangsungan acara; mulai dari tema, pamflet dan juga rundown) serta sebagai sarana bagi kami untuk melatih public speaking.” ujarnya.

Meskipun waktu yang diberikan hanya sepekan untuk mempersiapkan webinar ini, mahasiswa sangat menikmati prosesnya. Mahasiwa juga berharap pemberian tugas berupa menggelar kegiatan webinar seperti ini dapat dilaksanakan secara regular oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

“Kami berharap tugas seperti ini tetap diberlakukan atau acara-acara seperti ini bisa dilakukan paling tidak sebulan sekali dengan menghadirkan orang-orang hebat atau orang dari negara lain agar motivasi diri untuk mengetahui budaya, pendidikan dan streotypes mereka sehingga bisa kita ketahui dana jadikan sebagai future planning.” lanjut Azizah .

Webinar ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, tetapi juga mahasiswa jurusan lain dalam lingkup UIN Alauddin Makassar. Selain itu, terdapat pula beberapa peserta yang berasal dari kampus lain di kota Makassar, seperti UNM dan UNHAS karena webinar ini terbuka untuk umum.

 

Penulis: Multazam Abubakar