Berbagi Pengalaman, Alumni PBI Beri Tips Penulisan “Personal Statement”

  • 16 Agustus 2021
  • 05:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

Ikhsan, salah satu alumni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, membagikan pengalamannya dalam penulisan personal statement dalam rangkaian kegiatan Alumni Sharing Session bagian kedua yang bertajuk “How to write an effective personal statement” pada hari Senin, 16 Agustus 2021 yang diselenggaran secara daring.

Mahasiswa semester akhir program Applied Linguistics, University of Melbourne, Australia, ini menyebutkan ada tiga hal yang tercakup dalam personal statement, yaitu pengalaman, keterampilan dan cita-cita yang ingin dicapai.

Pada kegiatan yang juga disiarkan secara langsung melalui akun Facebook PBI, wisudawan terbaik PBI tahun 2013 ini memberikan pola penulisan Personal statement. Essay ini dimulai dengan bercerita tentang latar belakang pendidikan, pengalaman praktis serta kaitannya dengan bidang ilmu yang diajukan pada beasiswa yang didaftari serta minat, yakni alasan memilih jurusan serta perguruan tinggi tersebut. Setelah itu, dilanjutkan dengan membahas rencana karir, yaitu bagaimana program yang diajukan bisa memberikan dampak pada karir, kemudian menjelaskan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pengembangan profesional dan pendidikan, dan terakhir alasan mengapa program yang diajukan penting pada bidang tersebut.

Terakhir, alumni yang menjadi bagian dari PBI sejak tahun 2009 ini mengingatkan hal yang harus dihindari dalam penulisan personal statement, yaitu jangan meniru essay orang lain, jangan berlebihan serta jangan menunda-nunda untuk menulis.

Penulis: Multazam Abubakar