Dosen Muda PBI Terpilih Mengikuti PPSL 2021

  • 26 November 2021
  • 05:27 WITA
  • Administrator
  • Berita

Salah satu dosen muda Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum., berhasil lulus seleksi sebagai peserta dalam Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 dengan negara tujuan berbahasa Inggris yang diadakan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Plendidikan Islam.

Kak Ucha, panggilan akrabnya, akan mengikuti PPSL secara intensif selama 1 bulan di UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda sejak tanggal 25 November hingga 22 Desember 2021 mendatang beserta dengan 11 peserta lain. Dosen yang aktif dengan berbagai kegiatan sosial ini berhasil menyisihkan 4000-an pendaftaran serta menjadi 1 dari 9 perwakilan UIN Alauddin Makassar dari total 112 peserta terpilih seluruh Indonesia.

Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2 dan S3 Luar Negeri merupakan upaya Kemenag dalam meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia, khususnya dosen dan calon dosen di lingkungan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan dilaksanakan di 11 perguruan tinggi islam yang tersebesar di seluruh Indonesia.

 

Tujuan utama program ini adalah untuk mempersiapkan kualifikasi akademik dan non-akademik peserta agar siap melanjutkan studi pada perguruan tinggi di luar negeri

Program ini diikuti oleh Tenaga Pengajar (Dosen) dari kampus Islam negeri maupun swasta yang terdaftar pada Kemenag (PTKI) di seluruh Indonesia.

Dalam program tersebut, peserta dibekali materi penyusunan proposal riset, kemahiran berbahasa Inggris (IELTS) dan Bahasa Arab, tips meraih beasiswa, pengenalan budaya dan seluk beluk studi luar negeri, wawasan kebangsaan dan moderasi beragama.

 

Penulis: Multazam Abubakar