Prodi PBI UINAM Tuan Rumah Pertemuan Asosiasi Pimpinan Prodi PBI PTKIN Se-Indonesia

  • 14 September 2022
  • 10:29 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka meningkatkan kerja sama serta menjalin silaturrahmi, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menjadi tuan rumah Pertemuan Asosiasi Pimpinan Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang berada di bawah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Pertemuan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 14 September 2022 bertempat di Hotel Sultan Alauddin Kampus 1 UIN Alauddin Makassar, bertepatan dengan pelaksanaan The Third International Conference on English Language Education (ICONELE 3).

Kegiatan ini dihadiri oleh 18 Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan Tadris Bahasa Inggris (TBI) baik S1 maupun S2 se-PTKIN, di antaranya Kaprodi PBI S1 serta S2 UIN Syaif Hidayatullah Jakarta, Kaprodi UIN Sunan Amel Surabaya, UIN Walisongo Semarang, UIN Mataram, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten,  IAIN Kediri, IAIN Bone, IAIN Palopo, IAIN Pare-Pare dan STAIN Majene.

Agenda utama pertemuan ini adalah membahas nama asosiasi tersebut serta struktur kepengurusannya.  

Selain itu, pada kegiatan ini juga dibahas perencanaan program konkrit kerjasama yang akan dilakukan oleh masing-masing lembaga, isu-isu terkait pengelolaan prodi serta strategi penyelesaian isu tersebut.

Kegiatan ini merupakan langkah  tindak lanjut dari Pertemuan Kaprodi PBI PTKIN Se-Indonesia yang dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 27 Juli 2022.

Pertemuan ini juga menjadi ajang bagi para kaprodi untuk penandatanganan Morandum of Agreement (MoA) dengan perwakilan institusi yang hadir. Selain itu, para kaprodi juga berkesempatan mempresentasikan hasil penelitian mereka pada ICONELE.

Penulis: Multazam Abubakar