Jadi Pemateri Webinar Penyuluhan Antikoruspi, Dosen PBI UINAM Sampaikan Pengintegrasian Nilai-Nilai Integritas Dalam Manajemen Kelas

  • 06 Desember 2022
  • 10:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar kembali berbangga.

Salah satu dosennya, Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum. menjadi pemateri pada kegiatan Webinar Penyuluhan Antikorupsi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Antikorupsi yang dikenal sebagai Direktorat Diklat Aksi.

Kegiatan ini bertema “Penyuluhan Antikorupsi Bagi Guru, Kepala Sekolah, Kepala Desa, Dan Alumni Latsar CPNS” dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA).

Acara ini diselenggarakan sepenuhnya secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan melalui kanal Youtube Ikatan Penyuluh Antikorupsi Sulawesi Selatan pada hari Jumat, 2 Desember 2022.

Rangkaian kegiatan ini melibatkan orang nomor satu di Kabupaten Gowa Dr. Adnan Purichta Ichsan, S.H., M.H. dan diikuti sebanyak 366 peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah, kepala desa dan alumni Latsar CPNS.

Dalam webinar tersebut, dosen yang merupakan alumni Indonesia Mengajar ini membawakan materi mengenai Pengintegrasian Nilai-Nilai Integritas Dalam Manajemen Kelas.

Ia menyampaikan berberapa cara agar kelas tidak menjadi tempat yang menegangkan tapi dapat menjadi menjadi kelas yang menyenangkan dengan mengintegraritaskan nilai nilai integraritas.

“Kegiatan pembelajaran terdiri dari adanya pembukaan, mengecek kesiapan sebelum dan sesudah kelas dan cara bagaimana menarik perhatian siswa-siswi di dalam kelas agar menjadi yang di siplin sesuai dengan nilai-nilai integritas, seperti yang diketahui ada nilai-nilai integritas yang perlu dibangun di sekolah misalnya mulai dari jujur, berani, disiplin, adil, peduli, mandiri, sederhana dan tanggung jawab” ucapnya

Semetara itu, Wisudawan terbaik PBI Universitas Negeri Makassar (UNM) ini juga memberikan contoh bagaimana cara mengimplementasikan nilai-nilai kepada peserta yang mengikuti webinar agar kiranya guru dapat mengimplentasikan kepada muridnya.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berintegritas melalui pembelajaran antikorupsi yang inovatif dan inspiratif.

Diharapkan webinar ini melahirkan banyak penyuluh antikorupsi dengan akreditas dan pengetahuan tinggi untuk menyebarluaskan pemikiran tersebut sebagai bentuk pencegahan sejak dini.

 

Penulis: Tina Maulidya