Harapkan Peningkatan Mutu Lulusan, Prodi PBI UINAM Adakan Tracer Study di Kabupaten Pangkep

  • 20 Januari 2023
  • 09:53 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar menggelar pelacakan alumni yang dikenal dengan istilah tracer study.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Januari 2023 bertempat di Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.



Dalam pelacakan tersebut, tim PBI yang terdiri dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, beberapa dosen dan staf mengunjungi salah satu sekolah, yaitu PAUD/Kelompok Bermain “Mawar” dimana salah satu alumni yang bernama Ratu Faradilla Fakhruddin bekerja sebagai kepala sekolah.

Selain itu, terlacak juga alumni PBI yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris pada SMPIT Umar bin Khattab, Pangkep, yakni Khalik Mawardi, S.Pd., guru Bahasa Inggris SMPN 2 Tondong Tallasa, Husnul Khatimah, S.Pd. dan alumni yang bekerja di salah satu bank Mandiri di kabupaten tersebut, yaitu Siti Hardianti Pratiwi, S.Pd. dengan waktu tunggu yang relatif singkat.


Tracer study bertujuan mengetahui hasil Pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia Pendidikan tinggi ke dunia kerja serta mendapatkan umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan untuk mengukur kualitas lulusan.

Informasi ini sangat penting sebagai bahan evaluasi program studi untuk meningkatkan kualitas lulusan sesuai standar kompetensi dunia kerja.

Dalam tracer study juga dilacak waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan, kesesuaian bidang kerja, kepuasan pengguna lulusan serta berbagai saran yang dapat digunakan sebagi input dalam peningkatan mutu lulusan.

Penulis: Multazam Abubakar