Dua Dosen Muda Prodi PBI UINAM Lolos Seleksi Beasiswa S3 Luar Negeri

  • 27 Februari 2023
  • 10:03 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prestasi kembali ditorehkan oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar.

Kali ini, dua dosennya, yaitu Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum. dan Muthi’ah, S.Pd.I., M.Pd., dinyatakan lulus seleksi beasiswa S3 luar negeri.

Keduanya ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa S3 reguler Luar Negeri Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama bekerja sama dengan Lembaga Penegelola Dana Pendidikan (LPDP).

Selanjutnya, kedua dosen tersebut diberi waktu selama 18 bulan untuk melakukan persiapan sebelum keberangkatan, yakni mendapatkan surat keterangan dari kampus tujuan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah diterima tanpa syarat sebagai mahasiswa atau dikenal dengan istilah Letter of Acceptance (LoA) dan mengikuti program persiapan bahasa.

Sebelum dinyatakan lulus, kedua dosen tersebut telah melewati serangkaian tes, seperti seleksi administrasi pada awal Oktober 2022, seleksi bakat skolastik pada tanggal 31 Oktober 2022 dan terakhir seleksi wawancara pada tanggal 16 November 2022.

Muhammad Syahruddin Nawir, S.Pd., M.Hum., atau lebih akrab disapa Kak Ucha, menempuh pendidikan S1 di Universitas Negeri Makassar dan berhasil menjadi wisudawan terbaik. Ia kemudian melajutkan S2 di Universitas Hasanuddin dan mendapat beasiswa Bakrie Graduate Fellowship (BGF) pada tahun kedua. Setelah lulus S2, ia mengabdi di Musi Rawas, Sumatra Utara, sebagai pengajar muda dalam program “Indonesia Mengajar” yang digagas oleh Anies Baswedan. Saat ini, selain menjadi dosen, ia aktif terlibat dalam berbagai kegiatan kerelawanan serta sering menjadi pembicara pada sejumlah seminar serta pelatihan mengajar kreatif.

Muthi’ah, S.Pd.I., M.Pd. merupakan alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Alauddin Makassar. Setelah lulus S1, ia menjadi salah satu peserta Community College Initiative (CCI) Program di Amerika Serikat yang dilaksanakan oleh AMINEF. Sekemabalinya ke Indonesia, ia terpilih mengikuti kegiatan pembibitan alumni PTKIN di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ia kemudian melanjutkan S2 di Universitas Negeri Makassar. Ia juga aktif mengajar pada Program Intensifikasi Bahasa Asing (PIBA) yang dilaksanakan oleh Ma’had Aly UIN Alauddin Makassar.

Keduanya menjadi dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sejak tahun 2019 setelah dinyatakan lulus seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Agama pada Satuan Kerja UIN Alauddin Makassar.

 

Penulis: Multazam Abubakar