Peranan lagu Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik bagi Anak-anak

  • 26 Maret 2023
  • 10:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam mengajarkan bahasa Inggris bagi anak-anak, tentunya berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak yang sebagian besar menghabiskan waktunya dengan bermain dan bersenang-senang, sehingga hal ini juga berpengaruh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang monton dan terkesan kaku mengakibatkan anak-anak cepat merasa bosan. Oleh karena itu, peran guru dalam mengemas materi ajar bahasa Inggris haruslah dilakukan dengan cara yang menarik dan bervariasi, salah satunya ialah dengan memanfaatkan media lagu.

Mengapa menggunakan media lagu? Karena lagu dinilai menjadi media pembelajaran yang cenderung mudah dan cepat di serap oleh anak-anak. Hal itu dikarenakan lagu yang sifatnya menyenangkan dan menghibur dapat membantu meningkatkan semangat anak-anak dalam belajar bahasa Inggris.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar yakni Novia Pramitri (19), Nurul Masita Achmad (21), Andini  Rahayu (20).

Ketiga mahasiswi ini, menerapkan pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak dengan menggunakan lagu sebagai media pembelajaran melalui tugas mata kuliah Methods of TESOL for young Learners dengan dosen pengampu Dr. Serliah Nur, S.pd., M.Hum., M. Ed dan mata kuliah Media pembelajaran oleh Prof. Dr Yaumi, M.Hum., M.A.

Kedua mata kuliah ini, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung kelapangan mengajar anak-anak yang ada di daerah, tepatnya di rammang-rammang Kabupaten Maros, dan di dusun Bateballa yang ada di Kabupaten Bantaeng.

Alasan para mahasiswi ini menggunakan media pembelajaran melalui lagu untuk belajar bahasa Inggris, karena anak-anak akan lebih mudah dalam memperoleh berbagai macam kosa kata baru, melatih pendengaran dalam bahasa Inggris, dan memperbaiki pengucapannya. Tentunya cara ini efektif pula untuk mencegah anak-anak merasa bosan, mengantuk dan tidak memperhatikan pelajaran. 

Ada banyak lagu bahasa inggris anak-anak  yang bisa diakses melalui internet seperti youtube dan dapat digunakan sebagai media ajar. Dengan mengajarkan bahasa Inggris melalui lagu yang dinyanyikan secara berulang-ulang, maka secara tidak langsung akan mudah tersimpan dimemori anak-anak.

Oleh karena itu, penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam membuat proses belajar berjalan lebih menarik,  menyenangkan, dan tentunya membuat siswa belajar dengan rileks. Peran guru juga tidak kalah penting dalam mengemas materi dengan baik disertai dengan pembawaan yang ceria agar anak-anak jauh lebih bersemangat dalam belajar bahasa Inggris.

 

Penulis: Novia Pramitri (PBI-A 2020)