Dalam rangka
meningkatkan kapasitas dosen dalam menulis artikel ilmiah pada jurnal Internasional
terindeks Scopus, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan
Capacity Building.
Kegiatan tersebut
diadakan di Hotel Claro yang terletak di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar
pada hari Kamis, 22 Juni 2023 dan dihadiri oleh dosen-dosen PBI, staf serta
sejumlah alumni.
Workshop
tersebut menghadirkan dua orang narasumber, yakni Prof. Muhammad Kamarul
Kabilan dan Sukirman, S,Pd., M.Pd., Ph.D.
Prof. Muhammad Kamarul Kabilan merupakan guru besar di Universitas Sains Malaysia serta Editor-in-chief pada Asia Pasific Journal of Educators and Education (APJEE) yang terindeks Scopus Q4; sedangkan, Sukirman merupakan dosen PBI IAIN Palopo yang menyelesaikan studi S3-nya pada Queen University of Belfast, UK, serta telah menerbitkan sejulah artikel pada jurnal internasional bereputasi.
Memulai materi, Prof.
Kabilan menjelaskan mengenai perbedaan Web of Science (WoS) dan Scopus
serta menjelaskan mengenai impact factor.
Setelah itu, beliau
mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh dosen dalam menulis
artikel\serta solusinya dan alasan sebuah artikel ditolak pada jurnal artikel
bereputasi.
Beliau kemudian
memberikan contoh cara menemukan judul penelitian yang berpeluang besar diterima
di jurnal Scopus dan cara memulai penulisan latar belakang yang bagus, yakni
dengan menggunakan pola GLC atau General, Local and Context.
Selanjutnya,
narasumber yang kedua menjelaskan perbandingan penulisan artikel yang umum
digunakan di jurnal Indonesia dan jurnal Scopus.
Ia juga membagikan
pengalaman mengenai merombak artikel yang ia tulis berdasarkan gaya Indonesia menjadi
sesuai yang umum digunakan pada jurnal Scopus.
Hasilnya,
artikel yang pada awalnya ditolak dengan sejumlah pertimbangan akhirnya
diterima di Jurnal Scopus Q1 tanpa biasa publikasi.
Pelaksanaan workshop
tersebut disambut baik oleh para dosen PBI.
Mereka berharap pelatihan semacam ini agar sering dlaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam bidang publikasi.
Penulis:
Multazam Abubakar