Empat Dosen Prodi PBI UINAM Mengikuti Workshop Penyusunan Modul STILeS

  • 30 September 2023
  • 09:53 WITA
  • Administrator
  • Berita

Empat dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar mengikuti Workshop Penyusunan Penyusunan Modul Student-Teacher Integrated Learning System (STILeS).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari Sabtu, 30 September hingga Ahad, 1 Oktober 2023 bertempat di Hotel Remcy Panakkukang, Makassar.

Keempat dosen tersebut adalah Prof. Dra. Hj. St. Azisah, M.Ed.St, Ph.D., Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd., Multazam Abubakar, S.S., M.Hum. dan Masykur Rauf, S.Hum., M.Pd.

Dalam kegiatan ini, para dosen dilatih untuk menyusun modul STILeS yang merupakan ciri khas UIN Alauddin Makassar.

Terdapat enam materi yang dibahas pada pelatihan ini.

Pertama, materi “Gerakan pembaruan Pembelajaran (GPP): Orientasi Pembelajaran STILeS UIN Alauddin Makassar” yang dibawakan oleh Prof. Zulfahmi Alwi, Ph.D., guru besar dalam bidang ilmu hadits Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Kedua, materi “Model-Model Pembelajaran Berbasis STILeS” yang dibawakan oleh Dr. Nurkholisah Latuconsina, M.Pd.

Ketiga, ketiga “Desain Pembelajaran Berbasis STILeS Disesuiakn dengan MBKM” yang dibawakan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Dr. Nursalam, M.Pd.

Keempat, “Evaluasi Pembelajaran (Pendekatan SCL)” yang dibawakan oleh  Prof. Dr. Misykat Malik Ibrahim, M.Si.

Kelima, materi inti dari pelatihan ini, yaitu “Modul Pembelajaran Berbasis STILeS” yang dibawakan oleh Dr. Isriany Ismail, M.Si.Apt..

Materi terakhir yaitu Pemanfaatan Teknologi Artificial intelligence (AI) dalam Penyusunan Modul yang dibawakan oleh Eka Damayanti, S.Psi., M.A. dan dosen Teknik Informatika Universitas Negeri Makassar (UNM) Andi Ikram.

Modul STILeS adalah sistem pembelajaran terintegrasi yang diarahkan untuk mewujudkan rumah peradaban UIN Alauddin.

Keunggulan STILeS terletak pada tujuh aspek integrasi yang wajib diterapkan dalam setiap proses pembelajaran, yakni

(1) Integrasi pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Student Centered Learning (SCL);

(2) Integrasi berbagai model pembelajaran;

(3) Integrasi keilmuan Islam dan sainstek;

(4) Integrasi hard skill dan soft skill;

(5) Integrasi hasil penelitian terbaru dalam pembelajaran;

(6) Integrasi pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran; dan

(7) Intergrasi moderasi beragama

 

Penulis: Multazam Abubakar