Empat dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan
Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar
mengikuti Workshop Penyusunan Penyusunan Modul Student-Teacher Integrated
Learning System (STILeS).
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua
hari, yakni pada hari Sabtu, 30 September hingga Ahad, 1 Oktober 2023 bertempat
di Hotel Remcy Panakkukang, Makassar.
Keempat dosen tersebut adalah Prof. Dra.
Hj. St. Azisah, M.Ed.St, Ph.D., Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd., Multazam Abubakar,
S.S., M.Hum. dan Masykur Rauf, S.Hum., M.Pd.
Dalam kegiatan ini, para dosen dilatih untuk menyusun modul STILeS yang merupakan ciri khas UIN Alauddin Makassar.
Terdapat enam materi yang dibahas pada
pelatihan ini.
Pertama, materi “Gerakan pembaruan
Pembelajaran (GPP): Orientasi Pembelajaran STILeS UIN Alauddin Makassar”
yang dibawakan oleh Prof. Zulfahmi Alwi, Ph.D., guru besar dalam bidang ilmu
hadits Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.
Kedua, materi “Model-Model Pembelajaran
Berbasis STILeS” yang dibawakan oleh Dr. Nurkholisah Latuconsina, M.Pd.
Ketiga, ketiga “Desain Pembelajaran
Berbasis STILeS Disesuiakn dengan MBKM” yang dibawakan oleh Ketua
Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Dr. Nursalam, M.Pd.
Keempat, “Evaluasi Pembelajaran
(Pendekatan SCL)” yang dibawakan oleh Prof.
Dr. Misykat Malik Ibrahim, M.Si.
Kelima, materi inti dari pelatihan ini,
yaitu “Modul Pembelajaran Berbasis STILeS” yang dibawakan oleh Dr.
Isriany Ismail, M.Si.Apt..
Materi terakhir yaitu Pemanfaatan
Teknologi Artificial intelligence (AI) dalam Penyusunan Modul yang
dibawakan oleh Eka Damayanti, S.Psi., M.A. dan dosen Teknik Informatika
Universitas Negeri Makassar (UNM) Andi Ikram.
Modul STILeS adalah sistem
pembelajaran terintegrasi yang diarahkan untuk mewujudkan rumah peradaban UIN
Alauddin.
Keunggulan STILeS
terletak pada tujuh aspek integrasi yang wajib diterapkan dalam setiap proses
pembelajaran, yakni
(1) Integrasi
pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) dan Student Centered
Learning (SCL);
(2) Integrasi berbagai
model pembelajaran;
(3) Integrasi
keilmuan Islam dan sainstek;
(4) Integrasi hard
skill dan soft skill;
(5) Integrasi hasil
penelitian terbaru dalam pembelajaran;
(6) Integrasi
pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran; dan
(7) Intergrasi
moderasi beragama
Penulis: Multazam Abubakar