Sebagai wujud implementasi
project-based learning, mahasiswa semester 5 kelas C Program Studi
(Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK)
UIN Alauddin Makassar melakukan analisis kebutuhan (needs analysis) di
sejumlah sekolah yang tersebar di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.
Proyek tersebut
merupakan tugas dari Mata Kuliah Curriculum and Material Development
yang diampu oleh Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A.
Mahasiswa dibagi
menjadi 8 kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 orang dan disebar di
beberapa sekolah, seperti SMP Negeri 1 Sungguminasa, SMP Aisyah Paccinongang, MTs
Negeri Gowa dan SMP Negeri 2 Makassar.
Mereka melakukan analisis kebutuhan yang meliputi buku apa yang digunakan di sekolah, berapa buku yang menjadi rujukan, bagaimana karakteristik peserta didik di sekolah, kurikulum apa yang digunakan, bagaimana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru serta model pembelajaran digunakan.
Hasil dari analisis
tersebut akan digunakan oleh mahasiswa dalam mengembangkan modul atau perangkat
pembelajaran lainnya.
Project-based
learning (PjBL) adalah
model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana
pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
PjBL bermanfaat untuk membuat peserta didik
lebih aktif serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari ruang
kelas, meningkatkan kolaborasi dan mengembangkan soft skill.
Penulis: Multazam
Abubakar