Implementasi Project-based Learning, Mahasiswa Prodi PBI UIN Alauddin Makassar Lakukan Analisis Profesionalisme Dosen

  • 15 Desember 2023
  • 02:17 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sebagai wujud implementasi project-based learning, mahasiswa semester 3 kelas A Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar melakukan Analisis Profesionalisme Dosen dalam lingkup UIN Alauddin Makassar.

Proyek tersebut merupakan tugas dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang diampu oleh Ad Agusriani, S.Psi., M.Pd.

Mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 orang dan diarahkan untuk mewawancarai beberapa orang dosen mengenai profesionalisme.

Satu kelompok, misalnya, mewawancarai dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Multazam Abubakar, S.S., M.Hum. serta kelompok lain menjadi salah satu memilih dosen Prodi Kesejahteraan Sosial (Kessos) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Syamsuddin AB S.Ag., M.Pd., sebagai narasumber.

Mereka mengajukan beberapa pertanyaan, seperti pemahaman narasumber mengenai profesionalisme dosen, faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas mengajar, pengaruh profesionalisme dosen terhadap, motivasi belajar mahasiswa, strategi atau praktik yang dapat dilakukan oleh dosen untuk meningkatkan profesionalisme dalam pembelajaran, dampak profesionalisme dosen dapat terhadap prestasi belajar mahasiswa, bagaimana dosen dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi mahasiswa untuk belajar dengan baik, hubungan antara profesionalisme dosen dan kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran, bagaimana dosen dapat mengukur dan mengevaluasi tingkat profesionalisme mereka dalam pembelajaran serta tantangan yang dihadapi oleh dosen dalam menjaga dan meningkatkan profesionalisme dalam pembelajaran.

Project-based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

PjBL bermanfaat untuk membuat peserta didik lebih aktif serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari ruang kelas, meningkatkan kolaborasi dan mengembangkan soft skill.

 

Penulis: Multazam Abubakar