Sebagai wujud implementasi
project-based learning, mahasiswa semester 3 kelas A Program Studi
(Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK)
UIN Alauddin Makassar melakukan Analisis Profesionalisme Dosen dalam lingkup
UIN Alauddin Makassar.
Proyek tersebut
merupakan tugas dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang diampu oleh Ad
Agusriani, S.Psi., M.Pd.
Mahasiswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 orang dan diarahkan
untuk mewawancarai beberapa orang dosen mengenai profesionalisme.
Satu kelompok, misalnya, mewawancarai dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Multazam Abubakar, S.S., M.Hum. serta kelompok lain menjadi salah satu memilih dosen Prodi Kesejahteraan Sosial (Kessos) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Syamsuddin AB S.Ag., M.Pd., sebagai narasumber.
Mereka mengajukan
beberapa pertanyaan, seperti pemahaman narasumber mengenai profesionalisme dosen,
faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme dosen dalam melaksanakan tugas
mengajar, pengaruh profesionalisme dosen terhadap, motivasi belajar mahasiswa, strategi
atau praktik yang dapat dilakukan oleh dosen untuk meningkatkan profesionalisme
dalam pembelajaran, dampak profesionalisme dosen dapat terhadap prestasi
belajar mahasiswa, bagaimana dosen dapat menciptakan lingkungan pembelajaran
yang memotivasi mahasiswa untuk belajar dengan baik, hubungan antara
profesionalisme dosen dan kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran, bagaimana
dosen dapat mengukur dan mengevaluasi tingkat profesionalisme mereka dalam
pembelajaran serta tantangan yang dihadapi oleh dosen dalam menjaga dan
meningkatkan profesionalisme dalam pembelajaran.
Project-based
learning (PjBL) adalah
model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana
pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
PjBL bermanfaat untuk membuat peserta didik
lebih aktif serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari
ruang kelas, meningkatkan kolaborasi dan mengembangkan soft skill.
Penulis: Multazam
Abubakar