Sebanyak dua puluh
enam mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UIN
Alauddin Makassar mengikuti acara serah terima peserta Kuliah Kerja Nyata-Pengenalan
Lapangan Persekolahan (KKN-PLP) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Tahun
Akademik 2024/2025 pada hari Senin, 22 Juli 2024 di Malang.
Kedua puluh enam mahasiswa
tersebut terbagi menjadi empat kelompok dan ditempatkan di tiga sekolah, yakni MTs
Negeri Batu, MA Al Hayatul Islamiyah dan SMK El Hayat.
Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakkultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Andi Achruch, M.Pd.I., perwakilan dosen, Dr. Sitti Syamsuduha, M.Pd., Kepela Tata Usaha FTK, Nasirah Asri, S.Kom. serta salah satu tenaga kependidikan FTK, Margono Setiawan, S.S. serta Kepala sekolah, sejumlah guru dan tenaga kependidikan sekolah Lokasi PLP.
Dalam sambutannya, Dekan
FTK menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang berkenan
menerima mahasiswa FTK serta berharap bimbingan kepala sekolah serta guru untuk
mereka.
“Mahasiswa kami
selama ini telah mempelajari teori tentang kependidikan dan bidang ilmu
masing-masing di bangku kuliah, tetapi pengalaman mereka di dunia nyata masih
minim. Mereka butuh belajar secara langsung. Oleh karena itu, kami memohon
perkenan Bapak/Ibu untuk membimbing anak-anak kami untuk menjadi pengajar yang
baik,” ujar Kepala Kepala Pusat Pengembangan Bisnis (P2B)Periode 2019-2024 ini.
Beliau juga
mengingatkan mahasiswa agar senantiasa menebar kebaikan serta menjaga nama baik
almamater.
Peserta KKN-PLP
terintegrasi berangkat menuju pada hari Sabtu, 20 Juli 2024 dan akan berkegiatan
di lokasi masing_masing hingga 11 September 2024.
KKN
Nasional Terintegrasi adalah KKN yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian
dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) berkoordinasi dengan fakultas atau
sebaliknya untuk menyelenggarakan KKN terintegrasi dengan mata kuliah
Magang/PLP di luar Pulau Sulawesi.
Kegiatan
ini bertujuan untuk memberikan pengalaman faktual kepada mahasiwa dalam bidang
Pendidikan di Lembaga mitra dan pengabdian Masyarakat dan memberikan kesempatan
kepada mereka untuk mengenal serta mempelajari permasalahan sekolah ataupun
Masyarakat.
Penulis: Multazam
Abubakar