Tiga Mahasiswa Prodi PBI FTK UIN Alauddin Makassar Ikuti Lomba Microteaching Nasional

  • 02 Juli 2025
  • 07:40 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sebanyak tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar mengikuti lomba microteaching tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta sejak awal Mei hinggal 28 Agustus 2025.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Ina, Ainur Gunna dan Farida Fauziah Nurochim yang berasal dari semester enam.

Dalam lomba yang diselenggarakan secara online tersebut, mahasiswa mengunggah modul ajar yang telah disusun masing-masing sesuai dengan komponen yang ditentukan oleh panitia.

Peserta yang lolos seleksi akan diundang untuk melakukan presentasi modul ajar secara daring di hadapan dewan juri.

Setelah tahap presentasi, peserta wajib mengirimkan video microteaching sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan dikirimkan ke google drive yang disediakan panitia.

Lomba Microteaching ini merupakan wadah untuk mengembangkan dan mengekspresikan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru secara kreatif, inovatif, dan profesional sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka, menjadi ajang silaturahmi akademik antar mahasiswa LPTK di seluruh Indonesia serta sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat kompetitif dan kolaboratif dalam meningkatkan mutu calon pendidik.

Adapun tujuan kegiatan ini, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional mahasiswa calon guru melalui praktik pembelajaran berbasis microteaching.

2. Memberikan ruang apresiasi dan kompetisi yang sehat bagi mahasiswa LPTK se-Indonesia dalam menampilkan kreativitas dan inovasi pembelajaran.

3. Mendorong pemahaman dan implementasi Kurikulum Merdeka, terutama dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran melalui penyusunan dan presentasi modul ajar.

4. Membekali mahasiswa calon guru dengan pengalaman otentik dalam merancang, mempresentasikan, dan mengevaluasi proses pembelajaran.

5. Memperkuat jejaring akademik antar mahasiswa dan dosen pembimbing dari berbagai perguruan tinggi penyelenggara pendidikan keguruan di Indonesia.

6. Mewujudkan profil calon pendidik yang reflektif, komunikatif, adaptif, dan solutif dalam menghadapi tantangan pembelajaran di abad ke-21.