Sebelas Mahasiswa Prodi PBI FTK UINAM Ikuti Serah Terima PLP 2 di MTs Negeri Gowa

  • 15 Oktober 2024
  • 02:47 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sebanyak sebelas mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar mengikuti serah terima peserta Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Tahun Akademik 2024/2025 pada hari Senin, 14 Oktober 2024 di MTs Negeri Gowa.

Serah terima tersebut dihadiri oleh Kepala MTs Negeri Gowa, Wakil Kepala madrasah, sejumlah guru dan staf serta salah satu tenaga kependidikan Prodi PBI, Dr. Hasriani, M.Pd.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Prodi PBI, Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd., mewakili pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengucapkan terima kasih atas penyambutan hangat serta perkenan kepala sekolah dan guru-guru MTs Negeri Gowa dalam menerima mahasiswa PLP 2 UIN Alauddin Makassar.

Beliau juga menyampaikan harapan kepada pihak sekolah agar mahasiswanya dapat dididik dan dibina untuk menjadi seorang guru yang baik.

“Mahasiswa kami selama ini telah mempelajari teori tentang kependidikan dan bidang ilmu masing-masing di bangku kuliah, tetapi pengalaman mereka di dunia nyata masih minim. Mereka butuh belajar secara langsung di sekolah. Oleh karena itu, kami memohon perkenan Bapak/Ibu untuk membimbing anak-anak kami untuk menjadi pengajar yang baik,” ujar beliau.

Beliau juga mengingatkan mahasiswa agar senantiasa menebar kebaikan serta menjaga nama baik almamater.

Selain PBI, terdapat mahasiswa prodi lain yang juga melaksanakan kegiatan PLP 2 d MTs Negeri Gowa, yakni dari Prodi Pendidikan Fisika sebanyak 10 orang dan dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 7 orang, sehingga secara keseluruhan terdapat dua puluh delapan mahasiswa FTK yang magang di sekolah tersebut.

PLP 2 merupakan mata kuliah wajib yang diprogramkan pada semester 7 yang akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti observasi (pengenalan) sekolah/madrasah, praktik pembelajaran, serta membantu guru merancang dan menyiapkan perangkat pembelajaran.

Progam ini akan berlangsung selama 45 hari.

Sebelumnya, mahasiswa peserta PLP 2 telah mengikuti pembekalan pada hari Kamis, 10 Oktober 2024 di Aula Gedung PPG Kampus 3 UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan PLP 2 kali ini diikuti oleh empat puluh tujuh mahasiswa PBI yang tersebar di lima sekolah, yakni MTs Negeri Gowa, MTs. Madani Alauddin, MA. Madani Alauddin, MAN 2 Kota Makassar dan MTs. Ash-Shalihin.

 

Penulis: Multazam Abubakar