Sejumlah Dosen Prodi PBI UINAM Mengikuti Workshop Penyusunan RPS Terintegrasi

  • 25 Februari 2023
  • 04:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sejumlah dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar yang ditunjuk sebagai Penasehat Akademik (PA) mengikuti Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Terintegrasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 bertempat di Aula Gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kampus 3 UIN Alauddin, Pao-Pao, Gowa.

Dalam kegiatan ini, para dosen dilatih untuk menyusun RPS yang mengintegrasikan mata kuliah dengan hasil penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) serta Islam dan moderasi beragama.


Kegiatan yang berlangsung sehari ini terbagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama, para dosen menyimak pemaparan materi dan pendampingan pelatihan penyusunan RPS terintegrasi penelitian dan PkM ke mata kuliah.

Materi ini dibawakan oleh Dr. Ismail, M.S. yang merupakan dosen biologi Universitas Negeri Makassar.

Pada sesi kedua, para dosen menerima materi dan pendampingan penyusunan RPS terintegrasi Islam dan moderasi beragama.

Materi ini dibawakan oleh Prof. Zulfahmi Alwi, Ph.D. yang merupakan guru besar dalam bidang ilmu hadits Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Di sesi ketiga, RPS yang telah disusun kemudian direviu oleh narasumber selanjutnya, yaitu Dr. Hj. St. Syasudduha, M.Pd. yang merupakan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar yang memang ahli dalam bidang penyusunan RPS dan kurikulum.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capai pembelajaran yang telah ditetapkan.

RPS disusun sebelum perkuliahan pada semester baru dimulai.

 

Penulis: Multazam Abubakar