5 Mahasiswa PBI Angkatan 2020 Menjadi Presenter dalam Seminar Internasional Kerja Sama dengan UiTM Cawangan Johor Malaysia

  • 11 Maret 2023
  • 09:26 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dalam rangka mengasah kemampuan mahasiswa dalam mengajar, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar memfasilitasi mahasiswa untuk melatih kemampuan tersebut melalui mata kuliah Methods of TESOL for Young Learners.

Pada mata kuliah tersebut, mahasiswa diberikan tugas akhir dalam bentuk melakukan pengabdian masyarakat di Rammang-Rammang (Maros) tepatnya di Rumah Kedua.

Laporan dari kegiatan pengabdian tersebut kemudian disiapkan untuk dipaparkan dalam seminar Internasional.

Dosen pengampuh dari mata kuliah tersebut, Dr. Serliah Nur, S. Pd., M. Hum., M. Ed, menunjuk lima mahasiswa dari kelas yang berbeda, yakni dua orang perwakilan mahasiswa PBI 2020 dari kelas A atas nama Nurfadiah Ramadhani dan Asma Nurul Inayah, kemudian, tiga orang perwakilan dari kelas B atas nama Muh Nurin Zhacky, Marhaeni, dan Ariqha Yuliza Yamin.

Setelah kelima mahasiswa tersebut telah ditetapkan sebagai presenter, mereka mulai berdiskusi mengenai apa saja yang perlu dimasukkan dalam presentasi di seminar nanti. Kemudian, setelah materi presentasi telah dibuat kelima mahasiswa tersebut memperlihatkan hasil diskusi mereka terlebih dahulu kepada dosen pengampu mata kuliah.

Lima mahasiswa tersebut menjadi perwakilan dalam Seminar nasional yang bertajuk International E-Seminar on Community Ideas and Practices. Seminar ini berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, Senin 12 Desember 2022 seminar ini dibuka oleh masing-masing ketua jurusan. Pada hari kedua Rabu 14 Desember 2022, lima mahasiswa dari PBI angkatan 2020 menjadi presenter, dengan judul Service Learning in Rammang-Rammang.

Lima mahasiswa tersebut melakukan presentasi dengan sangat baik dengan waktu yang diberikan 15 menit dengan sesi tanya jawab. Seminar ini merupakan salah satu seminar yang pertama kali dilakukan Jurusan Pendidika Bahasa Inggris UIN Alauddin Makassar dengan UiTM Cawangan, Johor Malaysia.

Seminar Internasional ini menjadi alat untuk mahasiswa  menunjukkan kemampuan yang mereka miliki dan menambah pengalaman mereka sebagai presenter atau pembicara dalam seminar internasional. Selain itu, seminar ini memberikan ilmu baru kepada mahasiswa mengenai bentuk-bentuk pengabdian masyarakat.

 

Penulis: Nurfadiah Raamadhani (PBI-A 2020)