Siapkan Jurnal untuk Akreditasi Nasional, Dosen PBI UIN Alauddin Makassar Ikuti Workshop ARJUNA

  • 19 Maret 2024
  • 02:09 WITA
  • Administrator
  • Berita

Salah satu  dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Multazam Abubakar, S.S., M.Hum. mengikuti Workshop Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) yang dilaksanakan oleh Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar.

Kegiatan tersebut diadakan pada Selasa, 19 Maret 2024 bertempat di Rumah Jurnal, Pusat Penelitian dan Penerbitan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar.

Workshop ini diikuti oleh tiga puluh pengelola jurnal ilmiah dalam lingkup UIN Alauddin Makassar yang akan mengajukan akreditasi.

Dosen linguistik ini mewakili Jurnal English Language Teaching for EFL Learners (ELTIES) yang dikelola oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr.H.Kamaluddin Abunawas, M.Ag.

Dalam sambutannya, beliau mengingatkan pentingnya peran jurnal ilmiah bagi instansi akademik, seperti universitas, serta mengharapkan agar jurnal-jurnal dalam lingkup UIN Alauddin Makassar yang saat ini berjumlah 132 dapat aktif mempublikasi hasil penelitian.

Kegiatan ini menghadirkan Isna Rasdiana Aziz, S.Si., M.Sc. sebagai narasumber.

Dalam kegiatan tersebut, asesor substansi ARJUNA ini membahas hal-hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi akreditasi jurnal, seperti konsistensi dan ketepatan waktu dalam penerbitan, kualitas artikel dan pengelolaan yang baik.

Akreditasi juga menandai kualitas dan mutu pengelolaan sebuah jurnal ilmiah.

Jurnal ilmiah berperan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, menyebarkan pengetahuan, dan memajukan bidang akademik.

Penulis: Multazam Abubakar