Enam Artikel Ilmiah Mahasiswa Semester 4 PBI UINAM Diterbitkan di Prosiding Nasional

  • 25 Juli 2023
  • 03:04 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar berkomitmen untuk mendorong mahasiswanya aktif menulis dan menerbitkan artikel di jurnal ilmiah dan prosiding nasional maupun internasional.

Hasilnya, enam artikel ilmiah mahasiswa semester 4 yang sebelumnya dipresentasikan dalam Seminar Nasional Transformasi Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Kemanfaatan Ilmu yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran Yogjakarta pada 21 Januari 2023 diterbitkan dalam prosiding nasional.

Sebelumnya keenam belas mahasiswa yang tergabung dalam enam kelompok memasukkan abstrak hasil penelitian mereka untuk diseleksi; hasilnya, panitia pelaksana melalui surat nomor 01/SPG/DIES NATALIS/I/2023 tertanggal 11 Januari 2023 mengumumkan bahwa abstrak mereka lolos untuk dipresentasikan pada seminar tersebut.

Keenam abstrak tersebut terpilih menjadi lima puluh besar dari seratus delapan puluh tiga judul penelitian yang lolos seleksi dari tim reviewer forum ilmiah yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis institusi Pendidikan tersebut.

Tiga hasri sebelum pelaksanaan seminar, full paper dan slide untuk presentasi sudah harus dikirimkan kepada panitia penyelenggara.

 

Setelah pelaksanaan seminar, full paper tersebut selanjutnya melalui tahap review oleh mitra bestari yang ditunjuk, hasilnya hanya 38 dari total 50 artikel yang lolos untuk dipublikasi dalam bentuk prosiding nasional.

 

Adapun judul artikel tersebut adalah:

 

1. “Pendidikan Liberalisme” yang ditulis oleh Andi Nurul Ainunnisa dan Rika Pratiwi (Kelas C-2021)

 

2. “Aliran Materialisme dan Implikasinya dalam Pendidikan” yang ditulis oleh Anugrah Putri, Nur Hikmah Wahdania dan Putri Al Munawwarah (Kelas C-2021)

 

3. “Etika dan Pendidikan” yang ditulis oleh Ismail Mubarak dan Hajar Aswad dan Maya (Kelas A-2021)

 

4. “Kepribadian Muslim dan Cara Pembentukannya” yang ditulis oleh Andi Astri Muliani dan Muhammad Safri (Kelas A-2021)

 

5. “Filsafat Empirisme dalam Pendidikan” yang ditulis oleh Rahmi Nurfadilla, Nurul Adawia dan Hastina (Kelas C-2021), dan

 

6. “Aliran Esensialisme dan Progresivisme dalam Pendidikan” yang ditulis oleh Riska Febrianti, Fedra Mentari dan Syaharani Winda HS (Kelas A-2021)

 

Artikel yang dipresentasikan merupakan makalah dari tugas pada Mata Kuliah “Filsafat Pendidikan” yang diprogramkan mahasiswa semester 3 yang diolah sesuai dengan template yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris PBI, Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd., mengapresiasi semangat mahasiswa dalam menulis artikel untuk kemudian diterbitkan di berbagai jurnal dan prosiding ilmiah dan berharap bahwa hal ini menjadi awal yang baik bagi tumbuhnya tradisi menulis artikel ilmiah di lingkungan PBI.

Ia juga menambahkan pihaknya akan terus mendorong mahasiswa melakukan riset dan penulisan artikel ilmiah, baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan dosen.

 

Penulis: Multazam Abubakar