Program
Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
(FTK) UIN Alauddin Makassar berkomitmen untuk mendorong mahasiswanya aktif
menulis dan menerbitkan artikel di jurnal ilmiah dan prosiding nasional maupun internasional.
Hasilnya, enam artikel ilmiah mahasiswa semester 4 yang
sebelumnya dipresentasikan dalam Seminar Nasional Transformasi Pendidikan
Islam dalam Mewujudkan Kemanfaatan Ilmu yang diadakan oleh Sekolah Tinggi
Agama Islam (STAI) Sunan Pandanaran Yogjakarta pada 21 Januari 2023 diterbitkan
dalam prosiding nasional.
Sebelumnya
keenam belas mahasiswa yang tergabung dalam enam kelompok memasukkan abstrak
hasil penelitian mereka untuk diseleksi; hasilnya, panitia pelaksana melalui
surat nomor 01/SPG/DIES NATALIS/I/2023 tertanggal 11 Januari 2023 mengumumkan
bahwa abstrak mereka lolos untuk dipresentasikan pada seminar tersebut.
Keenam
abstrak tersebut terpilih menjadi lima puluh besar dari seratus delapan puluh tiga
judul penelitian yang lolos seleksi dari tim reviewer forum ilmiah yang dilaksanakan
dalam rangka Dies Natalis institusi Pendidikan tersebut.
Tiga
hasri sebelum pelaksanaan seminar, full paper dan slide untuk
presentasi sudah harus dikirimkan kepada panitia penyelenggara.
Setelah
pelaksanaan seminar, full paper tersebut selanjutnya melalui tahap review
oleh mitra bestari yang ditunjuk, hasilnya hanya 38 dari total 50 artikel yang
lolos untuk dipublikasi dalam bentuk prosiding nasional.
Adapun
judul artikel tersebut adalah:
1. “Pendidikan
Liberalisme” yang ditulis oleh Andi Nurul Ainunnisa dan Rika Pratiwi (Kelas C-2021)
2. “Aliran Materialisme dan Implikasinya dalam Pendidikan” yang ditulis oleh Anugrah Putri, Nur Hikmah Wahdania dan Putri Al Munawwarah (Kelas C-2021)
3. “Etika
dan Pendidikan” yang ditulis oleh Ismail Mubarak dan Hajar Aswad dan Maya
(Kelas A-2021)
4. “Kepribadian Muslim dan Cara Pembentukannya” yang ditulis oleh Andi Astri Muliani dan Muhammad Safri (Kelas A-2021)
5. “Filsafat
Empirisme dalam Pendidikan” yang ditulis oleh Rahmi Nurfadilla, Nurul Adawia
dan Hastina (Kelas C-2021), dan
6. “Aliran
Esensialisme dan Progresivisme dalam Pendidikan” yang ditulis oleh Riska
Febrianti, Fedra Mentari dan Syaharani Winda HS (Kelas A-2021)
Artikel
yang dipresentasikan merupakan makalah dari tugas pada Mata Kuliah “Filsafat
Pendidikan” yang diprogramkan mahasiswa semester 3 yang diolah sesuai dengan template
yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.
Sekretaris
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris PBI, Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd., mengapresiasi
semangat mahasiswa dalam menulis artikel untuk kemudian diterbitkan di berbagai
jurnal dan prosiding ilmiah dan berharap bahwa hal ini menjadi awal yang baik
bagi tumbuhnya tradisi menulis artikel ilmiah di lingkungan PBI.
Ia
juga menambahkan pihaknya akan terus mendorong mahasiswa melakukan riset dan
penulisan artikel ilmiah, baik secara mandiri maupun berkolaborasi dengan
dosen.
Penulis: Multazam Abubakar