Sebagai wujud implementasi
project-based learning, mahasiswa semester 3 kelas C Program Studi
(Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK)
UIN Alauddin Makassar melakukan analisis pengelolaan pembelajaran di lingkungan
sekolah.
Proyek tersebut
merupakan tugas dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang diampu oleh Ade Agusriani,
S.Psi., M.Pd.
Mahasiswa dibagi
menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 6-7 orang dan diarahkan
untuk mewawancarai guru serta melakukan observasi di beberapa sekolah.
Kelompok 2,
misalnya, melakukan wawancara dan obseravasi di SD Inpres Maccini Baru,
Makassar mengenai siswa berkebutuhan khusus,
Mereka menanyakan kepada guru tentang definisi dari anak berkebutuhan khusus, jenis dan karakteristik anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, manajemen pendidikan inklusif di kelas oleh guru, serta tantangan dan hambatan dalam pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus.
Selain itu, Kelompok
1 melakukan analisis mengenai manajemen pengelolaan kelas, kelompok 3 penilaian
dalam pembelajaran dan Kelompok 4 mengenai profesionalisme guru.
Project-based
learning (PjBL) adalah
model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana
pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
PjBL bermanfaat untuk membuat peserta didik
lebih aktif serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dari
ruang kelas, meningkatkan kolaborasi dan mengembangkan soft skill.
Penulis: Multazam
Abubakar