Mengisi Waktu Selama Pandemi Covid-19, Mahasiswa PBI Luncurkan Kursus Online Bahasa Inggris

  • 24 September 2020
  • 10:04 WITA
  • Administrator
  • Berita

Tetap tinggal di rumah dan meminimalisir kegiatan di luar dirasakan banyak orang sebagai hal yang menjenuhkan, tapi tidak dengan mahasiswa PBI 1-2 angkatan 2017. Mereka meluncurkan kursus online bahasa Inggris sebagai kegiatan tambahan dalam mengisi waktu selama pademi Covid-19. Kedua kursus online tersebut bernama Lingua English dan English Otodidak.

Lingua English dikembangkan oleh Eka Junianti Rahman, Nadila Putri dan Iklimah; sedangkan English Otodidak dikelola oleh Dewi Sartika, Andi Ahmad Shodiq, dan Dian Safitri.

Mereka mengajar dengan memanfaatkan media sosial. Mereka juga menggunakan website yang merupakan aplikasi ilmu dari mata kuliah Computer Assisted Language Learning (CALL).

 Lingua English misalnya menggunakan media Instagram dan mengunggah foto, video pembelajaran serta kuis; sedangkan  English Otodidak mengajar dengan menggunakan grup di WhatsApp.

English Otodidak telah menyelesaikan kelas bimbingan untuk batch 1 selama 1 bulan sdh selesai. Saat ini mereka sedang  dalam proses melaksanakan kompetisi bahasa Ingggris yang meliputi story telling, poem dan sing a song secara virtual sambil mempersiapkan pembukaan kelas untuk batch  2.

Untuk Lingua English, peserta kursus yang menjadi sasarannya ialah masyakarat umum yang ingin belajar bahasa Inggris; sedangkan untuk English Otodidak target sisanya yaitu sisiwa SMA dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Jumlah siswa kami pada batch 1 itu sekitar 80 orang dan kami bagi menjadi 3 kelas dan 3 waktu mengajar, yaitu pagi, siang dan malam. Kami menargetkan jumlah siswa pada batch 2 mencapai dua kali lipat dari batch 1. Saat ini kami mempunyai 10 orang pengajar; 2 di antaranya berasal dari luar Sulawesi. Setiap Minggu kami mengadakan pertemuan virtual melalui Zoom dengan mengundang tamu spesial dari luar Indonesia  untuk berbincang bersama siswa kami.” Ujar Andi Ahmad Shodiq.


Penulis: Multazam Abubakar