Dosen Prodi PBI UINAM Ikuti Workshop Penyamaan Persepsi DP dan GP PLP 2 T.A. 2024/2025

  • 12 Oktober 2024
  • 03:19 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sejumlah dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UIN Alauddin Makassar mengikuti Workshop Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing (DP) dan Guru Pamong (GP) Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Mahasiswa Semester VII Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Tahun Akademik 2024/2025.

Kegiatan tersebut diadakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024 bertempat di Aula Gedung PPG FTK UIN Alauddin Makassar.

Terdapat sembilan dosen yang menjadi dosen pembimbing dalam pelaksanaan PLP 2, yakni Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A., Prof. Dr. Hj. Djuwairiah Ahmad, M.Pd., M.TESOL., Prof. Dra. Hj. St. Azisah, M.Ed.St., Ph.D., Dr. H. Abd. Muis Said, M.Ed.TESOL., Dr. Hj. Mardiana, M.Hum. Dr. Serliah Nur, S.Pd., M.Hum. M.Ed., Dr. Kaharuddin, S.IP, M.Hum., Masykur Rauf, M.Pd. dan Sukirman, M.Pd., Ph.D.

Workshop ini diisi dengan pembukaan, Pembacaan Ayat Suci al Qur'an, Laporan Ketua Panitia PLP 2 yakni Lisa Nursita, S.E., M.Si. dan dilanjutkan dengan Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Andi Achruh, S.Ag., M.Pd.I., kemudian doa oleh H. Abdul Rahim, Lc., M.Pd.I.

Selanjutnya, penyampaian materi mengenai Kebijakan FTK tentang Pelaksanaan dan Teknis Pelaksanaan PLP 2 oleh Dr. Muh. Rapi, S. Ag., M.Pd. selaku Wakil Dekan bidang akademik kemudian presentasi tentang Instrumen Penilaian GP dan DP oleh Ali Umar Dani, S.Pd., M.P.Fis.

Kali ini terdapat empat puluh tujuh mahasiswa PBI yang mengikuti PLP 2.

Keempat puluh tujuh mahasiswa tersebut disebar di lima sekolah di kota Makassar dan Kabupaten Gowa, yaitu MTsN Gowa, MTs Madani Alauddin, MA Madani Alauddin, MAN 2 Kota Makassar dan MTs Ash-Sholihin.

Mahasiswa akan melaksanakan PLP 2 mulai hari Senin, tanggal 14 Oktober 2024 yang ditandai dengan serah terima di masing-masing sekolah.

PLP 2 merupakan mata kuliah wajib yang diprogramkan pada semester 7 yang akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti observasi (pengenalan) sekolah/madrasah, praktik pembelajaran, serta membantu guru merancang dan menyiapkan perangkat pembelajaran.

Penulis: Multazam Abubakar