Prodi PBI UINAM Adakan Pengabdian Masyarakat di MTs. Ash-Shalihin Kolaborasi dengan Mahasiswa

  • 16 September 2022
  • 03:12 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berkolaborasi dengan mahasiswa.

 

Kegiatan PkM tersebut diadakan pada hari Senin, tanggal 12 September 2022 di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Ash-Shalihin terletak di Jalan Mustafa Daeng Bunga No. 2, Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini mengusung tema Integrating Islamic Values into ELT Materials.

Tim pengabdi dari PBI meliputi dosen, yakni adalah Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd. yang juga merupakan Sekretaris Jurusan PBI, Nur Aliyah Nur, M.Pd., Indah Fadhilah Rahman, M.Pd., Multazam Abubakar, M.Hum., Annisa Shofa Tsuraya, M.Pd., dan Muthi'ah, M.Pd serta 2 mahasiswa, yaitu Andi Nurfasyila Syam dan Nurfadhillah.

Pada kegiatan ini, tim pengabdi dari PBI mengimplementasikan materi pengajaran Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam.

Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.

Tahap persiapan merupakan implementasi tahap 1 dan 2.

Tahap kedua yaitu pelaksanaan.

Tim pengabdi menyusun learning scenario berbasis materi untuk dua kali pertemuan, yakni tanggal 12 dan 22 September 2022.

Materi tersebut berupa bahan ajar Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam.

Tahap terakhir, yaitu menyusun laporan, yang berisi rincian kegiatan yang telah dilakukan.

Diharapkan setelah dilakukan kegiatan pengabdian ini, siswa tidak hanya memahami materi Bahasa Inggris yang diajarkan, tetapi juga bertambah pengetahuannya mengenai agama Islam sehingga dapat membentuk pribadi siswa yang tawadhu.

 

Penulis: Multazam Abubakar