PBAK Hari ketiga, Prodi PBI FTK UIN Alauddin Makassar Sosialisasi Penggunaan LMS kepada Mahasiswa Baru

  • 07 September 2024
  • 12:51 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Sosialisasi penggunaan Learning Management System (LMS), yang dikenal dengan LENTERA, kepada mahasiswa baru yang berjumlah 114 orang.

Kegiatan ini dilakukan pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2024/2025 tingkat Jurusan yang dilaksanakan pada hari ketiga, yakni Rabu, 4 September 2024 bertempat di Ruang Lecture Theater (LT) Timur Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Dr. Sitti Nurpahmi, M.Pd.

Beliau menyebutkan pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan modern dan salah satu alat penting yang memungkinkan pemberian pendidikan yang lebih baik dan lebih interaktif kepada mahasiswa, yaitu penggunaan Manajemen Pembelajaran atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System.

Editor-in-Chief dari English, Teaching, Learning, and Research Journal atau ETERNAL ini mendemonstrasikan cara mengakses LENTERA, mulai dari alamat website, cara login, cara mengakses halaman tiap mata kuliah, cara mengisi daftar hadir, cara mengumpulkan tugas serta cara mendownload materi ajar.

LMS yang dimiliki oleh UIN Alauddin Makassar dikenal dengan nama “Lentera” yang merupakan singkatan dari Learning Center Area.

Lentera merupakan ruang atau tempat pembelajaran mahasiswa secara online atau biasa disebut e-learning dengan model virtual class yang membantu dosen dalam mengajar dan memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan.  

Untuk masuk kedalam Lentera Mahasiswa dapat menggunakan akun Portal Akademik; sedangkan untuk dosen dapat menggunakan Akun Dosen.

 

Penulis: Multazam Abubakar